by

Industri Nuklir Sebagai Industri Strategis Nasional Yang Harus Bersama-sama Kita Dukung


Jakarta, 26 Agustus 2019
Indonesia adalah negara yang besar dan memiliki sumber daya manusia yang cerdas dan unggul. Meningkatnya kebutuhan akan energi untuk menopang pembangunan mengharuskan bangsa kita mulai fokus pada pengembangan energi baru yang efisien dan ramah lingkungan.

Nuklir adalah hal yang bagi sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan dunia dipersepsikan sebagai sesuatu yang menyeramkan. Nuklir biasanya identik dengan senjata pemusnah massal, peperangan dan orang yang terluka akibat radiasi. Namun, dibalik semua itu, ternyata nuklir juga berpotensi besar dimanfaatkan bagi kesejahteraan banyak orang. Contohnya pemanfaatan nuklir untuk sumber energi dan penggunaannya dalam dunia kesehatan.


Indonesia adalah negara yang besar dan memiliki sumber daya manusia yang cerdas dan unggul. Meningkatnya kebutuhan akan energi untuk menopang pembangunan mengharuskan bangsa kita mulai fokus pada pengembangan energi baru yang efisien dan ramah lingkungan.

Nuklir adalah hal yang bagi sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan dunia dipersepsikan sebagai sesuatu yang menyeramkan. Nuklir biasanya identik dengan senjata pemusnah massal, peperangan dan orang yang terluka akibat radiasi. Namun, dibalik semua itu, ternyata nuklir juga berpotensi besar dimanfaatkan bagi kesejahteraan banyak orang. Contohnya pemanfaatan nuklir untuk sumber energy dan penggunaannya dalam dunia kesehatan.

“Presiden Jokowi menyatakan Indonesia punya banyak sumber energi baru terbarukan yang cukup banyak, air, surya, angin, dan geothermal. Presiden Jokowi berpendapat, jika energi nuklir sudah diperlukan, maka harus segera disiapkan dan jangan diambangkan, harus dihitung secara detail dan jelas,” Demikianlah pernyataan Presiden Jokowi sebagaiman dikutip oleh anggota KEIN sekaligus Ketua Kelompok Kerja Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Zulhanar Usaman. ( https://www.cnbcindonesia.com/news/20180418131431-4-11481/kein-presiden-jokowi-minta-siapkan-pembangkit-nuklir )

Industri nuklir adalah bidang yang digarap Pemerintah Indonesia melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) atau Inuki. PT Inuki menjadi satu-satunya BUMN yang bergerak dalam industri berbasis teknologi nuklir.

PT inuki sebagai satu-satunya BUMN indonesia yang bergerak dalam industri nuklir

Perusahaan ini didirikan tahun 1996 dengan nama awal adalah PT Batan Teknologi (Persero), sebelum akhirnya berganti nama menjadi PT Inuki. BUMN ini memproduksi Radioisotop dan Radiofarmaka.

Salah satu pruduk unggulan yang berhasil dikembangkan dan diproduksi oleh PT Inuki adalah radioisotop yang sudah berhasil di ekspor ke beberapa Negara antara lain Vietnam, Bangladesh, Thailand, Malaysia, China, Jepang dan beberapa negara lainnya.

Pengembangan nuklir baik sebagai energi ataupun pemanfaatannya dalam bidang kesehatan, menjadikan indutri nuklir menjadi salah satu industri strategis nasional yang harus didukung oleh semua pihak. INUKI sebagai satu-satunya BUMN Indonesia berbasis teknologi nuklir harus mendapatkan dukungan sosial ataupun politik supaya pengembangan industri dan pemanfaatan nuklir di Indonesia bisa berhasil dan berkelanjutan. Mari kita dukung bersama supaya INUKI (Industri Nuklir Indonesia) menjadi perusahaan industri nuklir kelas dunia yang tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed