by

Presiden Joko Widodo mencoba (LRT) Jabodetabek

Saya menjajal kereta lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek dari Stasiun TMII di Jakarta Timur ke Stasiun Harjamukti Cibubur pagi ini dengan antusias. Kereta LRT ini meluncur mulus, nyaman, nyaris tanpa suara di atas lintasan rel yang melayang di sisi atas jalan tol Jagorawi.

Sudah bisa beroperasi? Belum. Tapi tak lama lagi. Pembangunan LRT ini sudah mencapai hampir 85 persen. Saya berharap, di bulan April 2022 sudah mulai diuji coba dan operasional bisa di bulan Juni 2022.

Pembangunan LRT Jabodebek dilakukan dalam dua fase. Fase pertama sepanjang 44,43 kilometer yang sedang kita rampungkan akan melayani total 18 titik pemberhentian dengan tiga lintas pelayanan, yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur. LRT juga akan beroperasi di dua rute perjalanan, yakni Cibubur Line dari Stasiun Harjamukti ke Dukuh Atas dan Bekasi Line dari Stasiun Jatimulya ke Dukuh Atas.

Sejumlah stasiun LRT Jabodebek akan terintegrasi dengan trans-Jakarta, commuter line, MRT, hingga kereta cepat Jakarta-Bandung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed