by

Sosialisasi Penggunaan Masker dan Sanitizer di Pasar Terban Yogyakarta

Sejak ditetapkan aturan agar tetap melakukan protokol kesehatan dengan disipilin, 2 Agustus 2021 Kelompok KKN 111 UMBY memiliki program kerja yang fokus untuk melakukan edukasi kepada pedagang Pasar Terban Yogyakrata. Kegiatan dilakukan juga menimbang himbauan Kampus UMBY yang disampaikan oleh Kepala Humas UMBY, Bapak Widarta SE, MM yang mengatakan KKN di tengah pandemi Covid-19 tetap bisa dilaksanakan tanpa harus melakukan kegiatan yang menyebabkan kerumunan. Pentingnya fokus untuk melakukan edukasi kepada masyarakat yang masih bingung terkait penggunaan masker yang baik dan benar.

Pasar Terban yang dikenal sebagai Pasar Unggas terbesar di Yogyakarta dan juga sebagai Pasar yang memenuhi kebutuhan masyarakat tentunya harus lebih disiplin untuk melakukan protokol kesehatan baik pedagang maupun pembeli yang datang langsung ke pasar. Protokol kesehatan yang wajib dilakukan diantaranya memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitias dan menjauhi kerumunan. Sehubungan dengan aturan yang sudah ditetapkan kelompok 111 KKN UMBY dibawah bimbingan Achmad Oddy Widyantoro, M.Sn selaku Dosen Pembimbing Lapangan melakukan edukasi kepada pedagang Pasar Terban melalui sosialisasi penggunaan masker dan sanitizer di tengah pandemi covid-19.

Kegiatan berlangsung cepat, mengingat adanya aturan untuk membatasi mobilitas. Kelompok KKN 111 UMBY melakukan pembagian masker dan sanitizer kepada seluruh pedagang dengan mendatangai kios pedagang masing-masing dan memilih tempat-tempat strategis untuk pembagian fasilitas lainnya seperti, sabun untuk cuci tangan dan poster edukasi 5M.

“Kegiatan ini adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh KKN-Pengabdian Masyarakat dari kelompok 111 Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang tujuannya adalah memberikan edukasi kepada Pedagang Pasar Terban Yogyakarta tentang Covid-19 dan cara pencegahannya. Selain masker, terdapat handsanitizer dan brosur bagi setiap pedagang dan sabun cuci tangan kepada pasar” ujar Anung sebagai salah satu perwakilan tim KKN Tematik yang ditugaskan di Pasar Terban Yogyakarta.

Adanya edukasi melalui sosialisasi penggunaan masker dan sanitizer di tengah pandemi covid-19diharapkan dapat menambah pengetahuan pedagang Pasar Terban tentang pentinganya 5M, selain itu diharapkan kegiatan ini juga dapat membantu pedagang untuk terus menjaga diri agar terhindar dari virus Covid-19.(Sa/Ni)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed